Skip to content

Inilah Perbedaan 4 Jenis TOEFL® yang Wajib Diketahui

  :  35118 views |   :  2 minutes
Perbedaan 4 Jenis TOEFL® yang Wajib Diketahui
5
(3)

Apa saja sih jenis TOEFL yang wajib kamu ketahui sih? Sesuai perkembangan zaman, TOEFL ® memiliki beberapa versi, yakni paper-basedinternet-based, dan computer-based. Ketiganya bisa digunakan sebagai tolak ukur syarat diterimanya kamu di sekolah di luar negeri sekaligus mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris. Di samping itu, TOEFL® juga tersedia dalam bentuk Institutional Testing Program untuk siswa berkemampuan bahasa Inggris tingkat intermediate dan advanced.

Biarpun demikian, keempatnya memiliki perbedaan, baik secara struktur, rentang waktu, maupun batasan skor minimum. Perbedaan yang tak terlalu mencolok antara keempatnya akan Kaplan Edupac bahas di sini.

Daftar TOEFL IELTS SAT GMAT dan GRE

 

Yuk Simak 4 Jenis TOEFL® yang Wajib Diketahui

 

1. PBT (Paper-Based Test)

Paper-based test merupakan jenis TOEFL® yang sangat populer diselenggarakan di institusi pendidikan, tempat les, dan lembaga bahasa khusus. Mengikuti tes ini, kamu seperti mengikuti tes biasa, yakni hadir di tempat dan mengerjakan soal yang dicetak. Tes dikerjakan selama kurang-lebih 3 jam dan terdiri atas listening, structure & written expression, reading comprehension, dan writing. Singkatnya, bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

kaplan-toefl--score-pbt

2. iBT (Internet-Based Test)

Format tes yang ini mulai populer akhir tahun 2005, menggantikan computer-based dan paper-based. Pada dasarnya format soal sama dengan paper-based, tapi tanpa sesi structure. Inilah yang menjadi perbedaan utama PBT dan iBT. Selain itu, susunan pertanyaan dan durasinya pun sedikit berbeda.

kaplan-toefl-ibt

3. CBT (Computer-Based Test)

Jenis tes TOEFL® ini mulai kurang populer karena tergantikan format iBT. Awal munculnya tahun 1998 sebagai alternatif format PBT. Saat sesi Listening, peserta menggunakan headphone. Namun, saat mengikuti tes jenis ini kamu tidak bisa mengulang pertanyaan sebelumnya apabila tertinggal. Durasi total pengerjaan sekitar 4 jam termasuk pembacaan petunjuk.

4. ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL® ITP biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris tepercaya. Soal yang diujikan tetap berpatokan pada model soal internasional. Nah, karena jenis TOEF®L ini tidak diakui internasional, kamu wajib mencari tahu apakah universitas atau pemberi beasiswa pilihanmu menerima hasil TOEFL® ITP. Jika menerima, kamu bisa mendaftar di lembaga kursus bahasa Inggris atau TOEFL® ITP test center di Kaplan Edupac Indonesia, AIA Central 21st floor, Sudirman, Jakarta

kaplan-toefl-itp

Kaplan Official TOEFL® iBT, iTP Test Center

Konsultasi kuliah keluar negeri

 

Raih score Anda bersama Kaplan dan dapatkan CASHBACK seperti ribuan student kami

Program kaplan edupac cashback Christabel Maria
Jenis TOEFL
Jenis TOEFL
Cashback
Jenis TOEFL
Program kaplan edupac cashback
Program kaplan edupac cashback
Program kaplan edupac cashback

Kaplan Edupac Indonesia-World’s no. 1 Provider of Test Preparations for TOEFL® iBT, IELTS, SAT, GMAT, GRE.

AIA Central 21st floor Jalan Jend. Sudirman kav 48A, Jakarta Selatan 021 – 252 7259 08179338722 / 08179-EDUPAC

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.