beasiswa-s2-nus-singapore


Beasiswa S2 NUS Singapura: ASEAN Scholarships

Apakah Anda berencana untuk kuliah S2 di Singapura? Ada kabar baik untuk Anda, karena National University of Singapore menawarkan beasiswa khusus yang dirancang untuk mendukung para calon mahasiswa terbaik dari wilayah ASEAN (selain Singapura). Kami mendapatkan informasi jika NUS memberikan beasiswa untuk jurusan kuliah yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut:

Master of Science (MSc) Venture Creation ASEAN Scholarship

Master of Science (MSc) Venture Creation adalah program gelar magister yang ditawarkan oleh Universitas Nasional Singapura (NUS). Program ini dirancang untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendalam dan menyeluruh bagi calon pengusaha yang ingin meluncurkan bisnis baru dengan sukses.

Program ini memberikan paparan pada topik-topik terkini seperti Industry 4.0, rantai pasok digital, keamanan siber, bioteknologi, teknologi medis, dan teknologi keuangan melalui berbagai mata kuliah yang ditawarkan oleh enam unit akademik dan lembaga kewirausahaan NUS.

Beasiswa yang diberikan berupa pembebasan biaya kuliah secara penuh (full tuition fee waived) dan tidak diperlukan aplikasi terpisah. Itu artinya, jika Anda sudah diterima dalam program ini, maka Anda dianggap sebagai salah satu pelamar beasiswa.

Application Period: 1 October 2023 – 31 January 2024.

Sumber: https://scale.nus.edu.sg/programmes/graduate/msc-in-venture-creation/msc-in-venture-creation-scholarship-and-study-award.

Dell Technologies Master of Science (Industry 4.0) Scholarships

Dell Technologies perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat berjanji memberikan sumbangan sebesar S$90.000 untuk mendirikan Beasiswa Dell Technologies Master of Science (Industry 4.0). Beasiswa ini diatur oleh beberapa kondisi berikut:

  1. Hingga tiga Beasiswa, senilai S$10.000 masing-masing, akan diberikan setiap Tahun Akademik (AY). Jika dua beasiswa diberikan, harus ada penerima laki-laki dan perempuan. Jika tiga beasiswa diberikan, harus ada satu penerima laki-laki dan dua penerima perempuan.
  2. Hanya mahasiswa penuh waktu dalam program MSc (Industry 4.0) yang telah menyelesaikan setidaknya 18 Unit di Semester 1 tahun akademik yang mereka masuki yang memenuhi syarat.
  3. Penerima beasiswa harus termasuk dalam 5% terbaik dari kohort mahasiswa.
  4. Tidak akan ada pemberian Beasiswa kecuali terdapat kandidat yang memenuhi syarat dengan tingkat prestasi yang mencukupi.
  5. Penyerahan Beasiswa akan dilakukan oleh Komite Pengelolaan Program MSc (Industry 4.0) (PMC), yang memiliki keputusan penuh dalam memilih penerima Beasiswa.
  6. Jika dalam satu tahun, Beasiswa diberikan kepada kurang dari tiga mahasiswa, dana yang tersedia akan dipindahkan ke tahun-tahun berikutnya untuk memberikan penghargaan.

Sumber: https://scale.nus.edu.sg/programmes/graduate/msc-in-industry-4.0/msc-in-industry-4.0-scholarship-and-study-award.

Asian Development Bank-Japan Scholarship

Asian Development Bank (ADB) adalah bank pembangunan regional yang didirikan pada tahun 1966, yang memiliki komitmen untuk mencapai Asia dan Pasifik yang sejahtera, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, sambil berupaya menghapus kemiskinan ekstrem. ADB memberikan beasiswa pascasarjana untuk NUS Singapore yang untuk studi di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bidang terkait pembangunan lainnya. Dari namanya Asian Development Bank-Japan Scholarship, seperti untuk mahasiswa Jepang saja, tetapi kami telusuri lebih lanjut disini, Indonesia juga boleh mendaftar beasiswa ini.

Dilansir dari website www.adb.org (2023), berikut adalah program studi di NUS Singapore telah disetujui oleh pihak ADB:

Programme Application Period
Master in Business Administration Intake: August
Deadline:Round 1: 31 Jan (scholarship qualifying round)
Round 2: 31 Mar
Master in Public Policy Intake: July / August
Deadline: January
Master of Economics Intake: August
Deadline: January
Master of Science (Environmental Management) Intake: August / July
Deadline: March / September

Jadi, buat Anda yang ingin mengambil program studi diatas, jangan lewatkan kesempatan ini. Beasiswa yang ADB berikan mencakup:

  1. Biaya kuliah penuh,
  2. Tunjangan bulanan dan tunjangan perumahan,
  3. Uang saku untuk buku dan bahan ajar,
  4. Asuransi kesehatan,
  5. Biaya perjalanan.

Untuk sarjana yang terlibat dalam penelitian, hibah khusus mungkin tersedia untuk persiapan tesis. Durasi beasiswa adalah untuk satu (1) tahun dengan perpanjangan ke tahun kedua studi, yang sesuai, yang akan tergantung pada sarjana mempertahankan tingkat kinerja yang memuaskan sebagaimana ditentukan oleh institut. Jangka waktu maksimal pemberian beasiswa adalah dua (2) tahun untuk program magister.

Communications and New Media Partial Scholarship

Studi dalam bidang Komunikasi dan Media Baru melibatkan pemahaman tentang teori komunikasi, aspek psikologis dan sosial dari media, analisis media, desain dan pengembangan media interaktif, serta isu-isu budaya dan politik yang terkait dengan penggunaan media.

Beasiswa ini berlaku untuk program pascasarjana (S2) di NUS Singapore:

Programme Application Period
Master of Social Sciences (Communication) 1 September – 30 November 2023
Master of Arts (Arts and Cultural Entrepreneurship) 1 September – 30 November 2023

Dilansir dari website resmi fass.nus.edu.sg (2023), beasiswa diberikan berupa potongan biaya kuliah $10.000 dari jumlah yang seharusnya di bayarkan. Seleksi penerima beasiswa didasarkan pada prestasi akademik, dan tidak ada proses aplikasi terpisah.

Detail Beasiswa

Jam & Tanggal

Berikut adalah tanggal mulai dan berakhir-nya beasiswa:

Beasiswa Dimulai    : 4 July 2023, 3:44 pm

Beasiswa Berakhir   : 31 January 2024, 11:59 pm

Formulir Pendaftaran

Tertarik untuk mengambil beasiswa ini? Segera daftarkan diri Anda pada formulir dibawah ini:

Participating University

Berikut adalah universitas yang berpartisipasi dalam Beasiswa S2 NUS Singapura: ASEAN Scholarships:

Need Help